Minggu, 25 November 2012

Efektifitas dari Komunikasi Bisnis



“Communication is the most important skill in the life” - Stephen Covey



Efektifitas komunikasi bisnis, seperti halnya jenis komunikasi lainnya ditentukan beberapa hal seperti :


Persepsi
Komunikator harus dapat memprediksi apakah message yang disampaikan dapat diterima komunikan.
Ketepatan
Komunikan atau audience memiliki kerangka piker. Agar komunikadi yang dilakukan tepat sasaran, komunikator perlu mengeksperikan hal yang ingin disampaikan sesuai dengan kerangka piker komunikan.
Kredibilitas 
Dalam berkomunikadi komunikator perlu memiliki suatu keyakinan bawah komunikan dapat dipercaya. Sebaliknya dia juga harus bisa mendapatkan kepercayaan dari komunikan.
Pengendalian
Dalam komunikasi, komunikan memberika reaksa/umpan balik/feedback terhadap pesan yang disampaikan. Reaksi ini harus bisa diantisipasi sekaligus dikendalikan oleh komunikator sehingga tidak melenceng dari target komunikasi yang diharapkan.
Kecocokan
Komunikator yang baik selalu dapat menjaga hubungan persahabatan yang menyenangkan dengan komunikan.

Sementara keterampilan meningkatkan efektifitas komunikasi bisa dilakukan dengan berbagai cara menyangkut komunikasi verbal non verbal, lisan maupun tulisan.

Reading : Membaca pesan maupun data yang disampaikan secara keseluruhan tetapi hanya berfokus pada inti dari pesan tersebut
Listening : Mendengarkan apa yang pembicara sampaikan mengenai informasi yang dibutuhkan dengan seksama dari sudut pandang pembicara
Speaking : Dapat dilakukan dengan membuat dan atau melakukan percakapan menarik.
Melakukan wawancara
Kontak dengan kelompok-kelompok lain
Membiasakan diri berpidato dan atau melakukan presentasi
Writing : Dapat dilakukan dengan menulis surat, memo dan laporan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar