Selasa, 04 Desember 2012

The Entrepreneurial Mindset


Disaat sekarang,persaingan sudah semakin ketat dan tidak ada jaminan bahwa Bisnis Anda akan terus berlanjut sampai ke masa depan – kecuali Anda benar benar mengusahakannya – . Pernah kah Anda membaca salah satu konsep “Zero Mind Process “ nya ESQ ? Saya rasa konsep ini sangat menarik dan bisa kita jadikan sebagai salah satu referensi tentang bagaimana “me-recharge” dan “membersihkan” kembali segala prasangka dan persepsi buruk yang selama ini bergelayut dibenak kita. Dan terkait dengan judul pembahasan kita kali ini, saya akan menyampaikan beberapa point penting dalam kaitannya dengan The Entrepreneurial Mindset :

Decision Making
Kita mulai point pertama dari “Pengambilan Keputusan“. Mengapa Saya tenpatkan ini di point pertama ? Saya percaya kalau segala sesuatu dimulai dari sebuah “keputusan” kecuali kalau memang hal tersebut terjadi secara insidentil dan bersifat  force major , Ambilah keputusan terbaik saat Anda hendak memulai Bisnis lalu konsistenlah dalam menerapkan tahapan-tahapan selanjutnya, sampai Bisnis Anda benar-benar bisa “beroperasi” dengan baik dan lancar.

Visions dan Goals
Salah satu kekuatan yang di anugrahkan Tuhan kepada ummat manusia adalah tentang kemampuan “memproyeksikan” sesuatu menjadi sebuah rumusan yang jelas dan menjadikannya sebuah sumber kekuatan untuk mewujudkannya kedalam realitas. Tentu saja Bisnis yang “kuat” didasari oleh Visi dan Tujuan yang jelas tentang apa,bagaimana dan kemana Bisnis ini akan berjalan.

Planning dan Organizing
Perencanaan merupakan salah satu hal yang cukup vital dalam siklus Management maupun Marketing itu sendiri. Perencanaan dapat diartikan sebagai sebuah langkah awal “pen-deklarasian” atas kebulatan tekad Anda dalam memulai Bisnis. Perencanaan sekaligus bisa menjadi sebuah tolok ukur untuk mengevaluasi kembali setelah Anda meng-eksekusi pasar dengan strategi pemasaran yang Anda terapkan. Ini juga berarti Perencanaan merupakan salah satu komponen tak terpisahkan dalam sebah kegiatan Bisnis.

Action Taking
Pernah dengar kalimat ini ? Do you plan your work? And  Do you work your plan? Kalimat Tanya yang cukup “mengena” bagi kita yang kadang tidak konsisten dalam menjalankan tahapan tahapan rencana yang sudah kita buat dan kita formulasikan sebelumnya.

Discipline
Kalau point satu ini, saya tidak akan bahas secara melebar. Apa yang hendak saya sampaikan adalah bahwa Disiplin benar-benar menjadi “kunci” penentu sebarapa berhasilnya point-point yang kita bahas di atas. Tingkat disipin berbanding lurus dengan kemungkinan pencapaian keberhasilan Bisnis Anda . Itu artinya Disipilin adalah salah satu hal serius yang harus Anda jaga konsistensi dan performanya.

Persistence
Saya agak kesulitan menemukan padanan kata dalam bahasa Indonesia untuk mewakili “Persistence” ini. Namun inti dari point ini adalah tentang bagaimana seorang Pebisnis benar-benar memiliki mental “Juara” sejati yang akan terus maju tak peduli ada halangan apapun didepannya. Dalam kondisi ekonomi yang bagaimanapun akan selalu ada kemungkinan untuk “merebut hati” pasar dan meneguk keuntungan – meski tidak selalu keuntungan finansial. Sebagai kalimat penutup ada baiknya kita simak salah satu kalimat yang sangat powerful dan bisa menambah motivasi agar terus maju dan berkembang dalam setiap Bisnis yang kita kelola :

"Making money is art and working is art . But, good business is the best art."

Tidak ada komentar:

Posting Komentar