Rabu, 09 Januari 2013

Pengertian Bisnis Online


Definisi bisnis online dibahasakan secara beragam oleh banyak orang. Namun, dari semua definisi bisnis online yang kalimatnya tampak berbeda, sebenarnya mengacu pada intisari yang sama. Secara sederhana, definisi bisnis online adalah semua bentuk aktivitas bisnis yang dijalankan menggunakan media internet, yang bertujuan untuk mendapatkan penghasilan.
Dari definisi bisnis online tersebut dapat disimpulkan bahwa pada prinsipnya bisnis online tidak jauh berbeda dengan bisnis pada umumnya yang dijalankan secara offline. Persamaan antara bisnis online dan bisnis offline, antara lain adanya transaksi jual beli, baik barang maupun jasa, dan tujuan yang hendak dicapai, yaitu memperoleh pendapatan(income). Yang membedakan hanyalah media yang digunakan. Bisnis online dijalankan melalui internet, sementara bisnis offline dijalankan dengan berbasis pada toko, penjualan langsung door to door, atau bentuk-bentuk pemasaran lainnya.
Bisnis online menjadi pilihan banyak orang untuk berbinis. Hal ini karena bisnis di dunia maya ini memang memiliki banyak kelebihan yang tidak dimiliki sistem bisnis offline. Kelebihan-kelebihan bisnis online, antara lain sebagai berikut.
  1. Jumlah pengguna internet di seluruh dunia sangat banyak. Dengan demikian, bisnis menggunakan media internet dapat menjangkau banyak sekali orang yang dapat dibidik menjadi konsumen dari barang atau jasa yang hendak dijual. Pasar yang dapat dibidik oleh bisnis online juga tidak terbatas hanya orang-orang yang berdomisili dekat dengan pemilik bisnis. Bisnis online bahkan dapat menjangkau konsumen dari seluruh belahan bumi.
  2. Tidak memerlukan bangunan sebagai kantor atau toko tempat memajang produk yang hendak dijual. Bisnis online dapat dijalankan dari mana saja selama ada koneksi internet.
  3. Bisnis online bekerja selama 24 jam penuh dalam satu hari, bahkan ketika pemiliknya sedang tidur atau menikmati liburan. Hal ini karena website atau blog dapat dikunjungi kapan saja, oleh siapa pun.
  4. Modal yang diperlukan untuk menjalankan bisnis online relatif kecil jika dibandingkan dengan bisnis offline. Hal ini karena bisnis online tidak memerlukan bangunan sebagai kantor atau toko, juga tidak perlu menggaji karyawan. Biaya promosi di internet juga relatif murah.
  5. Bisnis online tidak harus dijalankan secara penuh waktu. Seseorang dapat mengelola bisnis online sebagai pekerjaan sampingan, tanpa mengganggu pekerjaan utamanya sebagai karyawan kantor misalnya.
  6. Pelaku bisnis online tidak harus memiliki produk barang atau jasa sendiri untuk dijual. Ia dapat memasarkan produk orang lain dan memperoleh pendapatan dari komisi yang akan diterimanya setiap berhasil menjual produk orang lain tersebut. Sistem bisnis seperti ini dikenal dengan nama affiliate marketing.
  7. Barang dan jasa yang dapat dijual secara online tidak terbatas. Apa pun bisa dijual lewat internet. Pada bisnis bukan offline, jenis barang atau jasa yang dijual harus disesuaikan dengan kebutuhan konsumen di sekitar tempat bisnis tersebut dijalankan.
Bisnis online memang memiliki banyak kelebihan dan dapat dijalankan oleh siapa saja, di mana saja. Namun, tidak semua orang yang terjun ke bisnis dengan sistem online ini berhasil meraih sukses. Tidak sedikit pelaku bisnis online yang mengalami kegagalan. Sumber kegagalan bisnis online bermacam-macam, antara lain tidak dilakukan dengan cara-cara yang benar, kurang gigih dalam berbisnis, promosi yang kurang gencar, atau produk yang dijual kurang menarik atau bernilai manfaat untuk kebanyakan orang.
Orang yang gagal menjalankan bisnis online memang banyak, tetapi orang yang sukses menjadi jutawan dengan berbisnis secara online juga tidak kalah banyak. Jadi, Anda tidak perlu berkecil hati atau ciut nyali jika memang ingin membangun kerajaan bisnis online. Yang harus Anda lakukan adalah memahami seluk-beluk bisnis online, lalu mengelola bisnis ini dengan benar.
Untuk dapat memahami seluk-beluk dunia bisnis online, Anda dapat mempelajarinya dari berbagai sumber, baik dari internet, buku, orang-orang yang telah terbukti berhasil di bidang bisnis online, e-book, majalah, dan sebagainya. Banyak pula seminar bertema bisnis online yang dapat Anda ikuti.
Sumber-sumber ini akan memberikan Anda banyak informasi dan memperkaya wawasan Anda tentang bisnis online. Bekal pengetahuan yang memadai, pemahaman yang benar, dan cara-cara menjalankan bisnis yang tepat, dapat mengantarkan Anda menjadi pebisnis online yang sukses, yang dapat meraih pendapatan tanpa batas.
Memahami definisi online ternyata baru merupakan langkah pertama. Masih ada begitu banyak upaya yang harus Anda lakukan untuk benar-benar memahami dunia bisnis online, sebelum Anda siap ambil bagian sebagai pelaku di dalamnya. Namun, setidaknya definisi bisnis online dapat memberikan Anda sedikit gambaran, jika Anda sebelumnya sama sekali belum memiliki gambaran tentang bisnis online. Berangkat dari pemahaman akan definisi bisnis online, Anda dapat melejitkan potensi Anda di bidang bisnis online dan meraih sukses di sana.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar